Macam – Macam Aktiva dan Contohnya

Halo teman-teman, kembali lagi dengan kami ACIS Indonesia konsultan software akuntansi. Kali ini kita akan membahas mengenai Macam – Macam Aktiva dan Contohnya, Aktiva atau Asset adalah sumber ekonomis yang akan memeberikan keuntungan bagi perusahaan. Disebut sebagai manfaat ekonomis masa depan yang cukup pasti dikarenakan aktiva ini merupakan sumber daya perusahaan yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan kegiatan-kegiatannya, seperti operasional bisnis, pembiayaan, ataupun investasi. Kemudian, disebut akibat dari transaksi atau kejadian masa lalu dikarenakan perusahaan dalam memperoleh dan menguasai aktiva melalui transaksi-transaksi dan kejadian yang sebelumnya telah dilakukan, seperti transaksi pinjam meminjam dengan Bank, pembelian, kontrak piutang, penerbitan saham, investasi, dan transaksi lainnya. Pada umumnya, aktiva dibagi menjadi empat yaitu aktiva lancar, investasi jangka panjang, aktiva tetap, dan aktiva tetap tak berwujud.

Berikut adalah beberapa penjelasan singkatnya :

Aktiva Lancar (Current Assets)

Merupakan jenis aktiva yang berwujud, dan dalam bentuk yang siap pakai atau sudah dibangun terlebih dahulu yang kemudian digunakan untuk kegiatan operasi perusahaan. Dengan kata lain, kegunaan dari aktiva tetap setelah dibeli perusahaan memiliki tujuan untuk dipakai sendiri oleh perushaan dan tidak untuk dijual kembali. Berikut Contoh dari Aktiva Lancar :

  1. Kas / Cash : Meruapakan Uang Tunai yang biasa digunakan untuk membiayai kegiatan atau oprasional perusahaan.
  2. Piutang Dagang / Accounts Recivable : Tagihan dari perusahaan kepada pihak lain yang di akibatkan karena adanya transaksi yang di lakukan secara kredit.
  3. Persediaan Barang Dagang / Merchendise Inventory : seluruh barang dagang yang sampai akhir periode berjalan masih belum laku terjual atau masih berada didalam gudang penyimpanan barang.
  4. Surat berharga / marketable securrities : Sebuah kepemilikan saham atau obligasi perusahaan lain yang bersifat sementara dan sewaktu-waktu dapat di jual kembali.
  5. Perlengkapan / supplies : Merupakn suatu jenis barang habis pakai yang digunakan dalam menyokong kelancaran jalanya usaha diperusahaan.
  6. Sewa dibayar dimuka / prepaid rent : Merupakan sebuah pengeluaran yang dilakukan untuk mendapatkan suatu jasa atau tempat dari pihak lain, yang menyewakan tempatnya untuk kita gunakan sebagai tempat usaha.
  7. Biaya dibayar dimuka / prepaid expanse : Proses pembayaran yang dilakukan diawal tetapi belum menjadi sebuah kewajiban pada periode  bersangkutan.

 Investasi Jangka Panjang (Long Term Investment)

Investasi jangka panjang adalah suatu penanaman modal di dalam perusahaan lain dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu juga untuk memperoleh laba atau keuntungan dan mengontrol perusahaan tersebut.

Aktiva Tetap (Fixed Assets)

Aktiva tetap adalah suatu kekayaan yang dimiliki perusahaan di mana pemakaiannya (umur ekonomis) lebih dari satu tahun, digunakan untuk proses operasi, serta tidak untuk dijual. Contoh fixed assets antara lain tanah, gedung, mesin, peralatan toko dan kantor, alat angkut, dan lain sebagainya.

 Aktiva Tetap Tak Berwujud (Intagible Fixed Assets)

Aktiva tetap tak berwujud adalah suatu hak istimewa yang dimiliki perusahaan dan memiliki nilai namun tidak memiliki bentuk fisik. Yang termasuk di dalam intagible fixed assets antara lain sebagai berikut :

  1. Good will, nilai lebih yang dipunyai perusahaan dikarenakan keistimewaan tertentu.
  2. Hak Paten, adalah hak tunggal yang diberikan oleh pemerintah kepada seseorang atau juga badan dikarenakan penemuan tertentu.
  3. Hak Cipta, adalah hak tunggal yang diberikan oleh pemerintah kepada seseorang atau juga badan dikarenakan adanya hasil karya seni atau tulisan atau juga karya intelektual.
  4. Merek Dagang, adalah hak yang diberikan oleh pemerintah kepada suatu badan untuk dapat menggunakan nama dan juga lambang bagi bisnisnya.
  5. Hak Sewa, adalah hak untuk dapat menggunakan aktiva tetap pihak lain di dalam waktu yang panjang sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.
  6. Franchise, adalah suatu hak istimewa yang diterima oleh seseorang atau juga suatu badan dari pihak lain untuk dapat mengkomersilkan formula, teknik, atau juga produk tertentu.

Demikian penjelasan mengenai Macam – Macam Aktiva dan Contohnya jika Anda kurang jelas bisa menghubungi kami kembali. Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Accurate Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sampai Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email marketing@acisindonesia.com atau telp 021-29018652 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s